23 Juli 2008

Soto Betawi..

Betawi, bangga banget gw bisa mengenalkan budaya gw yang satu ini ke khalayak ramai. Hmm, gw bukan anak betawi tulen padahal. Nyokap gw peranakan Sunda-Banjar, si babe peranakan Jawa-Betawi. Nah, darah Betawi gw so pasti turunnya dari si babe. Secara dia dulu waktu masi muda tinggal di daerah Matraman, pusatnya orang Betawi! Hehe...

Nah, masalah budaya Betawi juga lagi santer banget diomongin ma banyak orang di kampus gw. Secara nih, gw lagi belajar mata kuliah budaya nusantara di kampus. Jelas aja budaya kita yang macem-macem dari Sabang mpe Merauke jadi bahan yang asik banget buat dibicarain. Udah gitu, sekarang-sekarang ini gw juga dikelilingin ma temen-temen yang memelihara keBetawiannya. Jadilah gw makin-makin nyablak ngomong Betawi.

As we know, suku Betawi sebagai penduduk asli Jakarta agak tersingkirkan oleh penduduk pendatang. Mereka keluar dari Jakarta dan pindah ke wilayah-wilayah suku Sunda yang ada di provinsi Jawa Barat dan provinsi Banten. Kini, suku-suku yang mendiami Jakarta antara lain Suku Betawi, Jawa, Sunda, Minang, Batak, dan Tionghoa. Bahasa formal yang digunakan di Jakarta adalah Bahasa Indonesia, bahasa informal atau bahasa percakapan sehari-hari adalah Bahasa Indonesia dengan dialek Betawi.

Betawi sebagai etnis sudah ada sejak lama, secara tertulis sebutan orang Betawi pertama kali terdapat dalam dokumen 1644 berupa testament Nyai Inqua, janda Tuan Tanah Souw Beng Kong, Kapiten Tionghoa pertama ditanah Betawi. Tetapi sebagai satuan sosial dan politik, etnis Betawi baru muncul ketika Mohamad Husni Thamrin mendirikan organisasi kemasarakatan ’Perkoempoelan Kaoem Betawi’. Di saat itu mungkin baru kaum terpelajar dan segelintir saja orang Betawi, yang sadar sebagai suatu golongan etnis yang akan berperan dalam panggung sosial politik.

Ciri masyarakat Betawi yang paling menonjol adalah cara hidup yang sederhana, dialek bicara yang medok, dan gaya bicara yang spontan. Masyarakat Betawi terbuka dan mudah bergaul, serta kerukunan masyarakatnya yang pada umumnya bernafaskan Islam. Sayangnya, bedasarkan info yang gw dapet (tapi gw sangat tidak percaya hal ini!), bahwa kebanyakan dari orang yang bersuku Betawi ini jarang yang berhasil, baik dalam segi ekonomi, pendidikan, dan teknologi. Dari segi sifat mereka yang gampang marah, gampang terprovokasi, tidak punya kemampuan dalam berpikir, intelejensi rendah, dan minimnya pengetahuan membuat mereka kalah dalam persaingan. Hmm, gw buktiin ntar kalo orang Betaei mampu dan layak mencapai kesuksesan dalam segi apapun dan pastinya punya intelegensi yang tinggi.

Yah terlepas dari positif dan negatifnya suku Betawi, inilah hal-hal yang ngebuat gw makin pengen ngelestariin budaya Betawi. Gw pengen suku asli Jakarta ini tetep jadi aset buat Jakarta, tetep jadi warisan sejarah yang jadi saksi hidup perkembangan kota tua ini. Betawi uda kaya soto, soto Betawi, enak, gurih, banyak campuran, dan bikin ketagihan. Maknyuuus...

(_achmyhoolicz!)

Tidak ada komentar: