22 Juli 2008

Ayo Bangkit Bangsaku!

Bangkit itu susah..

Susah melihat orang susah, dan senang melihat orang senang..

Bangkit itu takut..

Takut korupsi, takut makan yang bukan haknya..

Bangkit itu mencuri..

Mencuri perhatian dunia dengan prestasi..

Bangkit itu marah..

Marah bila martabat bangsa dilecehkan..

Bangkit itu malu..

Malu jadi benalu, malu karena minta melulu..

Bangkit itu tidak ada..

Tidak ada kata menyerah, tidak ada kata putus asa..

Bangkit itu aku..

Untuk Indonesiaku..

(Deddy Mizwar, courtesy of some TV channels)

100 tahun kebangkitan bangsa, dirayain gede-gedean di Istora Senayan dengan menghadirkan lebih dari 1000 pengisi acara (katanya loh!). Acara yang berlangsung selama 3 jam itu (am I right? Lupa!), konon menghabiskan dana yang lumayan banyak. Ya, iyalah orang yang ngeliat tuh acara pasti bisa manaksir kalo harga tuh acara waw banget, meriah dan mahal banget dah pokoknya.

Mungkin sebagian kalangan mempertanyakan untuk apa sih acara kaya gitu dibuat, nelen banyak duit yang mendingan dipake buat subsidi BBM yang baru aja naek atau ngebantu perusahaan-perusahaan daerah yang mau bangkrut, nasionalisasi asset negara ato bantuan langsung tunai. Tapi kalo kata gw, acara kaya gitu perlu banget terlepas dari berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Seperti apa kita seharusnya memaknai Hari Kebangkitan Nasional yang ke 100 ini? Tanpa perayaan kah? Atau cuman kaya biasanya, upacara bendera dan pentas musik? Kalo gw bilang memang seperti inilah kita harus merayakan dan memaknai Harkitnas kali ini. Boleh dong 100 tahun sekali kita merayakan hari yang jadi simbol bangkitnya pemuda dan rakyat Indonesia untuk sadar akan pendidikan, politik, persatuan, kesatuan, d.l.l. dengan cara yang megah kaya sekarang. 100 tahun sekali men!

Kalo dengan cara yang mahal kaya gini bisa menggelorakan kembali semangat kebangkitan seluruh rakyat indonesia kenapa juga harus dipertanyakan?! Paling ga, dengan cara yang waw seperti ini gw bisa memaknai hari kebangkitan nasional dan menumbuhkembangkan rasa nasionalisme gw. Ga usahlah yang kaya gini dipertanyakan apalagi diperdebatkan.

Bukan saatnya lagi mencari-cari perbedaan (karena kita semua memang berbeda adri sononya!), bukan waktunya lagi kita mencari musuh (musuh ga usa dicari juga dateng dengan sendirinya kan?!), bukan zamannya lagi kita saling menjatuhkan (kata temen gw, menjatuhkan membawa efek psikologis yang ngebuat mental lo makin gak karuan!). Sekarang saatnya menyatukan persepsi walaupun berbeda (inget Bhinneka Tunggal Ika, bro!), waktunya mencari teman sebanyak-banyaknya, mengenali segala macem watak dan budaya (wah, yang ini dijamin bakalan ngebawa efek psikologis yang mantep banget buat pribadi kita, ini kata Profesor Amy! Haha..), dan zamannya untuk saling mendukung (kata temen gw lagi, semuanya akan lebih indah dan menyenangkan kalo semua dari kita saling mendukung satu sama lain!).

Ayo bangkit bangsaku, bumi pertiwi tercinta. Saatnya kita tunjukkan pada dunia dengan prestasi, waktunya kita tebarkan cinta ke seluruh penjuru bumi, dan zamannya kita untuk bersahabat dengan kesuksesan. Indonesiaku, Indonesiamu juga..

-Ditulis pertengahan Mei-

(_achmyhoolicz!)

Tidak ada komentar: