21 Juli 2008

Mempertanyakan Ke-Indonesia-anku!

Sebuah pertanyaan klasik, dari zaman jebot waktu gw masih belajar Pendidikan Moral Pancasila ma PSPB (Yang ini gw lupa banget panjangannya! Ada yang masih inget ga?!) di SD mpe sekarang, ketika gw uda mw lulus kuliah dan lagi mengenyam mata kuliah budaya nusantara ma kewarganegaraan. Pertanyaan yang selalu ga pernah bisa gw jawab dengan pasti. Sama halnya ketika lo ditanya seberapa dalam cinta gw ke dia?! Hah, jadi aneh..

Tapi beneran deh, gw bener-bener ga bisa menjawab pertanyaan seberapa besar keIndonesiaan seorang seperti gw?! Apakah gw masih mencintai negeri yang udah menjadi saksi bisu tumbuhnya calon bintang besar seperti gw (Aminn!!!)? Atau pertanyaannya yang gw ubah, apakah gw pernah mencintai Indonesia, tanah air yang udah mengizinkan gw tumbuh di atasnya?! Huh, bingung dah!

Sebenernya bisa aja gw ngejawab, iya dun, gw cinta Indonesia, kan gw uda belajar PMP, PSPB, PPKn, Pancasila dan UUD 1945, Kewarganegaraan, ma Budnus dari gw kelas 1 SD! Belom lagi ditambah upacara bendera tiap hari Senen dan ngedengerin amanah pembina upacara yang bikin kaki gw selalu pegel-pegel setelahnya. Gilingan aja panas-panas suruh dengerin orang ngomong tentang masalah kebangsaan! Tapi kan ga semudah itu menjawab ni pertanyaan. Gw gag tw standarnya apa!

Untuk masalah standar, kayanya gw bener deh! (Haha, kacrut lo ‘my!). Iyap, gw ga tw kadar sebagaimana yang dianggap kalo kita mencintai Indonesia. Apakah dengan ikut upacara bendera tiap Senen udah cukup ngebuat gw dibilang cinta Indonesia (soalnya gw ga pernah cabut loh kalo lagi jam upacara, ga pernah pura-pura sakit atau pura-pura pingsan terus diem di UKS!). Atau apakah dengan ikut bertereak-tereak ngedukung tim Thomas-Uber Indonesia yang berlaga mati-matian di Senayan kaya Agnes Monica? Atau dengan cara ikutan demo di depan Istana Presiden gara-gara BBM mau naek? Atau mungkin dengan nyerang Malaysia gara-gara nyolong banyak harta warisan leluhur Indonesia?! Gag tw deh gw..

Hmm, tapi kalo kadarnya ikut-ikut treak-treak di Senayan mah gw rajanya. Apalagi kalo ngeliat tim Uber Indonesia yang bertanding. Don’t know why, gw sangat mengapresiasi perjuangan mereka yang sangat gigih (menurut gw!) dalam memenangkan babak demi babak sampe ahirnya harus kalah terhormat dari China. Sampe gw nangis diperjalanan pulang dari rumah Ilam dengan berpikir, how proud I am kalo Indonesia yang menang. Dengan nyeleneh malah nyanyi Indonesia Raya, disaat bendera China yang berkibar pas tim Thomas mereka pun berhasil dipertahankan. Dengan membaca ayat kursi dan berdoa sama Tuhan supaya tim Indonesia dikasih yang terbaik. Mudah-mudahan itu cukup untuk mendukung tim Indonesia. Karena gw gag tau apalagi yang harus gw lakukan saat ini demi bangsa dan negara.

Tapi apakah itu caranya gw mengukur keIndonesiaan gw?! KeIndonesiaan kita semua yang udah numpang idup di negara yang katanya ramah, yang katanya berbudaya, dan sejuta katanya-katanya?! Kalo ditanyain UUD 1945, gw apal kok! Ditanyain Pancasila juga bisa, ditanya pahlawan-pahlawan ngelotok, ditanya nama-nama tarian, bahasa, tempat bersejarah, masakan tradisonal, gw ahlinya, asal jangan tanya butir-butir P4 aja, gw ga bakalan bisa jawab! Haha..

Lain hal lagi kalo kadarnya itu dengan memakai produk dalam negeri. Yang satu ni kayanya aga susah gw terapin di hidup gw. Yah, secara sometimes kita harus lebih mentingin kualitas dibandingkan kemiringan harga. Tul’ ga?! Gag tw yak, kenapa sindrom merek masih mempengaruhi barang apa yang gw beli. Terlihat belagu sih, cuma rasanya ga puas aja kalo ga beli barang yang gw pengenin 100%?! Yah, mudah-mudahan produk dalam negeri Indonesia bisa bersaing di pasarnya sendiri.

Tapi biar begitu gw tetep ko dengan setia menikmati hasil karya anak bangsa dengan menonton sinetron. Eits, jangan salah lo! Sinetron juga produksi dalam negeri kan?! Saingan ma film-film Hollywood atau Bollywood. Haha, pasti lo semua ketawa. Gw mah dimulai dari yang beginian aja dulu dah! Biarpun gw gag ngerti seni dan bisanya cuma nikmatin dan komentar, tapi beruntung gw selalu bisa mengapresiasi hasil seni siapapun juga. Sama halnya dengan sinetron dun. Gw harus bisa mempertahankan argumen dan keyakinan gw kalo sinetron itu bagus asal lo bisa ngambil semuanya yang positif. Yah emang sih, semua hal termasuk sinetron punya efek positif dan negatif masing-masing. Pokonya gw cinta sinetron dah! Kalo ditanya jadwal penayangan ma sinopsis sinetron-sinetron, pastinya gw jagoan! Tanpa garuk-garuk kepala, gw bisa lancar ngejawab pertanyaannya.

Huh, kalo ditanya lo sebel ga banyak warisan budaya Indonesia yang dicolong ma Malaysia?! Dengan lantang pasti akan gw jawab ya, iayalah! Masa ya iya dun! Hehe.. tapi ini beneran, gw mpe mengeluarkan sumpah serapah andelan gw buat maling yang sattu itu. Tapi gimana dun, kitanya juga yang ngejagain hal itu baik-baik. Hah, seandainya gw bisa berbuat lebih banyak demi bangsa ini. Tapi apakah ini juga bisa menjadi bukti kalo gw cinta Indonesia?! Belum tentu, bung!

Yah, tapi dengan apapun standarnya, apapun persyaratannya, dengan tulus dan semangat yang membara gw yakin sepenuh hati kalo gw cinta Indonesia. Gw pengen membawa perubahan yang lebih baik buat negara ini. Gw pengen dengan prestasi dan keahlian gw, gw mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di negeri orang. Kaya yang Susi Susanti ma Alan Budikusuma lakuin pas di Olimpiade Barcelona tahun 1992, yang dilakuin tim olimpiade kompouter baru-baru ini, yang dilakuin oleh banyak orang lainnya yang bisa ngebuat ibu pertiwi tersenyum. (Sumpah, gw merinding!). Yup, gw cinta Indonesia.

Tanah air ku tidak ku lupakan

Kan terkenang selama hidupku

Biarpun aku pergi jauh

Disanalah ku dilahirkan

Tanah ku yang ku cintai

Engkau ku hargai

(_achmyhoolicz!)

Tidak ada komentar: