21 Juli 2008

Kenaikan BBM, Antara Logika dan Hati!

Lagi enak-enak nonton Indonesian Idol, tiba-tiba dikagetkan ma breaking news di RCTI. Dalam pikiran gw, ada kejadian apa nih yang bakalan bikin dunia nganga. Yah, secara seringnya itu kan kalo breaking news, kalo ga peristiwa bencana alam, yah peristiwa luar biasa lainnya, kaya terorisme, inflasi, SBY ngeluarin album, selebritis yang ketauan make narkoba, bom meledak, demo yang rusuh, dan laen-laennya. Jarang banget ada breaking news yang di dalemnya ngebahas tentang prestasi manusia-manusia Indonesia, atau tentang keluh kesah warga yang merasa terzholimi.

Taunya, tentang kenaikan BBM, bahan baker minyak. Yang ngumumin itu Menteri Keuangan, my big boss, Bu Sri Mulyani, Menteri ESDM, Pak Purnomo, Menko Kesra, Aburizal Bakrie, Menteri Perdagangan, Bu Marie Eka, Menteri Sosial, yah yang ini gw lupa namanya. Ga ada SBY atau JK. Kemana mereka?! Yap, mereka bilang per tanggal 24 Mei 2008 pukul 00.00 BBM bakalan naik. Premium naik sekitar 33.33% jadi sekarang harganya 6000 perak. Minyak tanah dari 2000 jadi 2500, dan solar yang tadinya cuma 4300 jadi 5500. Gila, kaget gw!

Minyak, minyak. Kenapa kita semua bergantung pada minyak?! Gw, lo, kita semua. Itulah yang ngebuat minyak dunia makin tipis stoknya dan tentunya harganya makin melambung. Yaw, memperdebatkan minyak emang ga pernah ada abisnya. DPR ma pemerintah pada debat, pemerintah ma mahasiswa berdebat, bahkan sesama mahasiswa di kelas gw pun berdebat tentang kenaikan BBM itu. Dan yang paling-paling, logika gw juga ikut-ikutan berantem, berdebat ma hati gw. Parah..

Kenapa logika dan perasan harus saling bertentangan yah? Kenapa otak gw setuju, tapi hati gw bilang ga? Ah, sebel. Setelah gw analisis ternyata gw setuju gara-gara gw mendukung segala kebijakan pemerintah dan gw tau bener seluk-beluk APBN. Tapi gw juga ga setuju karena gw tau kalo masyarakat Indonesia belum siap menerima kenaikan itu. BBM naik, itu artinya semua harga barang bakalan naik. Secara listrik pake BBM, transportasi pake BBM, ngebikin masakan pake BBM, semuanya pake BBM dah pokoknya.

Yah, gw harus mengutara kesetujuan gw terhadap kebijakan pemerintah yang satu ini, menaikan harga BMM gara-gara harga minyak dunia yang selangit, gilingan mencapai U$117/barrel. Ini artinya pemerintah harus mensubsidi berapa rupiah per liter BBM. Hal ini tentunya akan mengacak-acak APBN yang uda dengan hati-hati disusun oleh pemerintah kita. Gw tau banget kalo ngutek-ngutek APBN itu susahnya minta ampun. Gw aja yang cuma nganalisis APBD, yang notabenenya masih lingkup daerah, bukan nasional, itu repotnya mpe pengen nangis rasanya. Gimana mereka, para pejabat pemerintah yang harus menyusun dan menjaga keseimbangan APBN satu negara yang katanya memiliki penduduk ke empat terbanyak di dunia dan masih dalam kondisi krisis berkepanjangan.

Susah men, beneran dah! Ga ada gampang-gampangnya ngutek-ngutek tuh APBN, ya iyalah itu keuangan negara yang harus tersedia untuk 200 juta lebih masyarakat Indonesia. Gw tau kalo para pejabat itu adalah orang-orang pinter. Orang-orang yang berbeda dengan orang-orang di zaman orde baru. Gw menilai para pejabat sekarang lebih memakai nuraninya, lebih mementingkan kepentingan rakyat Indonesia. Percaya atau engga, gw harus percaya ma pemerintah, kita semua harus percaya sama pemerintah. Mereka itu pemimpin kita. Hmm, bukan karena gw sekolah gratisan di instansinya pemerintah dan bakalan jadi pegawai pemerintah, tapi karena gw emang harus bilang kalo gw salut ma mereka. Belum tentu gw bisa kaya mereka.

Yah, emang kalo dipikir-pikir kasian juga tuh pemerintah. Di satu sisi mereka juga rakyat biasa yang ga mau kalo harga bahan-bahan pemenuh kebutuhannya jadi pada melambung tinggi. Tapi di sisi yang lain, mereka harus menaikan harga BBM supaya bisa ngejaga keseimbangan APBN, kaya yang tadi gw uda jelasin. Udah gitu, didemoin ma orang-orang tiap hari yang kata-kata orasinya bikin kuping panas. Beh, emosi jiwa dah kayanya tuh..

Tapi di lain pihak, ko gw juga kasian ma rakyat Indonesia yah? Sepertinya mereka, kami, gw, lo, kita semua belum siap akan kenaikan BBM itu. Banyak yang bilang kalo naiknya BBM juga berarti akan bertambahnya masyarakat dengan status miskin. Gw setuju banget. Banyak juga artikel yang gw baca tentang kontradiksi kenaikan BBM, tulisan dari Kwik Kian Gie, dan kawan-kawan yang mempertanyakan itu semua, bahkan hingga isu adanya konspirasi negara tertentu yang ngedesak Indonesia menaikan BBMnya.

Ga tega ngeliat di berita, nenek-nenek, ibu-ibu, kakek-kakek, semuanya yang nangis akibat naiknya tuh harga BBM. Pengen rasanya ngebantu mereka, menyuarakan apa yang mereka rasa kepada pemerintah, karena gw mahasiswa, pekerjaan yang dianggap intelek dan bisa menggulingkan roda pemerintahan oleh orang-orang tabu. Tapi bukan dengan cara tidak menaikan harga BBM. Pemerintah juga kalo ga kepaksa juga ga bakalan naikin harga BBM. Seperti yang uda diulang beberapa kali oleh para pejabat yang berwenang menaikan harga BBM kalo menaikan harga BBM itu opsi terahir, opsi yang dilakukan kalo kebijakan yang lainnya udah ga nembus.

Emang pada intinya, bangsa Indonesia yang ga siap akan kenaikan BBM ini dihadapkan pada kenyataan kalo mereka harus siap membeli bensin, minyak tanah, solar, dan lain-lainnya dengan harga baru, harga yang mulai berlaku sejak tadi pagi. Gw pun ga siap kalo ntar makanan yang gw beli harganya jadi pada tinggi, buku yang gw beli jadi pada mahal, ongkos gw jadi ga murah lagi. Belom lagi listrik di rumah yang gw pake, secara kamar gw yang menjadi sumber keborosan listrik di rumah selaen dapur.

Nasi udah jadi bubur. BBM udah dinaikin, sekarang tinggal pemerintah yang tanggung jawab atas kebijakan yang diambilnya. Mereka harus memeperhatikan rakyat akibat naiknya BBM ini. Mereka harus segera mengantisipasi makin banyaknya orang miskin, dengan cara apapun. BLT yang mereka canangkan mudah-mudahan berhasil dan berdaya guna. Program yang merupakan solusi itu harus dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan, biar semua rakyat yang seharusnya memiliki hak ini dapat terbantu. Gw rasa pemerintah juga harus memutar otak lebih banyak untuk mencari program apa lagi yang bisa dijalankan dan berdaya guna juga supaya bisa ngebantu masyarakat yang membutuhkan bantuan tentunya.

Yah pada dasarnya tulisan ini cuma dilandasi kekagetan gw. Gw emang ga tau apa-apa tentang ini semua, tapi paling ga, gw nyoba untuk ga tutup mata, tutup telingan akan semua ini. Mudah-mudahan gw bisa berkontribusi. Walao logika gw yang didasari pada pengetahuan gw bilang setuju, dan hati gw yang didasari pada rasa iba akan ketidaksiapan bangsa ini menghadapi kenaikan BBM, gw tetep pengen bangsa ini maju. Pemerintah yang didukung seluruh rakyatnya tanpa terkecuali, semoga bisa jadi kenyataan. Gw pengen kita berguna. Ayo berkontribusi dengan cara kita masing-masing.

“Bangunlah jiwanya.. Bangunlah badannya.. Untuk Indonesia Raya!...”

-gw nulisnya pas banget sejam setelah BBM naek!-

(_achmyhoolicz!)

Tidak ada komentar: