21 Juli 2008

Menjawab Pertanyaan Bocah Ingusan

“Mah, emangnya kalo kita uda gede boleh ngomong anjing ke orang lain yah?!”. Glek, rasanya pengen manghilang pas gw denger anak TK (kayanya c gitu, coz masih terlihat lucu!) nanya ke nyokapnya apakah kalo kita uda gede, kaya anak-anak SMA yang didengernya ngomong anjing, boleh manggil temennya dengan sebutan anjing! Hah, rasanya maluuuuu banget!

Kalo ada pertanyaan kenapa gw malu, yah karena 3 tahun terakhir ini entah kenapa gw sering mengucapkan kata ajaib itu tanpa kesengajaan. Kata anjing udah mulai muncul kalo gw lagi kesel ma orang, kalo gw kesandung terus latah, kalo kaget denger klakson mobil orang, kalo ngeliat muka nyolot orang lain, dan kalo-kalo yang lainnya. Kalo kata sebagian orang hal itu wajar, kita hidup di Jakarta, ngikutin pergaulan yang ada. Tapi tetep aja, kata hati gw, kata nyokap gw, kata guru gw, itu ga boleh.

Ga tw kenapa, sejak gw lulus SMA, kata-kata gw mulai ga ke kontrol. Dulu ada banyak orang yang marahin gw kalo mgw uda mula latah yang aga kasar ato jorok, tapi sekarang semuanya nganggep itu lelucon. Dulu, waktu kecil gw pernah di cabein mulut gw ma nyokap gara-gara ngomong bego ke ade gw! Haha, sejak itu gw takut ngomong bego, dan mulai membenci orang yang ngomong bego ke orang lain. Aneh emang gw takut dicabein ma nyokap, padahalkan gw hobi banget makan pedes, makan cabe rawit pake indomie, bukan indomie yang pake cabe rawit (mpe gw ambeyenan! Huh..). Beberapa hari yang lalu gw juga latah anjing di depan nyokap gw, dan refleks doi mukul pantat gw pake sendok nasi yang dipegangnya. Padahal gw lagi masak indomie waktu itu, wuuh rasanya empet banget! Tapi pas dipikir-pikir emang gw pantes digituin! I love you, mom!

Yup, ngomong anjing emang bukan hal yang tabu lagi di sebagian kalangan kaum muda-mudi. Apa gw termasuk yak?! Auk ah gelap, gw ga ngerti! Awalnya gw ga pernah ngomong kaya gitu! Boleh lo semua cek ke temen-temen SMP ato SMA gw! Bahkan, gw selalu menyebut aku ato gw dengan sebutan amy dan manggil nama orang yang gw ajak ngobrol dengan namanya, bukan kamu ataupun elo! Tapi sekarang, orang yang ngomongnya aku kamu ke orang lain, pas ngomong ma gw, jadi ngomong gw elo juga. Pas gw tanya alesannya, masa’ jawabnya aneh aja ngomong aku kamu ke orang kaya gw! Huh, sebal..

Kalo gw inget-inget sejak kapan yak gw mule ngomong aneh begini?! Hmm, jawabannya ketika gw menempuh bangku perkuliahan di Fisip selama 2 bulan (haaiii guys. I miss you!). Awalnya ga kepengaruh, tapi lama-kelamaan tiap hari, tiap waktu diakatain anjing mulu gimana ga pengen ngebales! Apalagi itu dianggap sebagai jokes ma kita semua sampe ahirnya keterusan kebawa mpe di STAN dan ketemu temen-temen yang mendukung! Eh, ditambah kalo ngobrol ma bironk, ma babi, apalagi si arab, rasanya ga afdol kalo ga ngomong kasar ke mereka, mereka pantes digituin! (Hehe, arab, bironk, dan babi, maen nyok!). Oia, sebagai poin plus, gw banyak dikatain setan ma yunus n tasya (musuh baru gw yang gw ajak karokean bareng! Haha, hayu atuh karokean!), dipanggil buncit ma banyak orang (gw buncit tapi sexy kan guys?!), dikatain tai ma ilam (jangan panggil aku buncit!), disebut babi ma anak-anaknya panca (makanya lo semua jangan kebanyakan mangkal jadi pada mabok kan?! Haha..), gimana ga emosi jiwa coba! Moso’ gw harus berlapang dada menerima cacian mereka, ya gak mungkinlah ya..

Tapi walopun banyak orang yang mendukung gw melakukan hal itu, tetep aja yang patut disalahkan ya diri gw sendiri. Gw ga pernah dan ga akan pernah mengizinkan diri gw nyalahin orang lain. Sapa suruh gampang kemakan emosi, sapa suruh banyak bercanda, ini konsekuensi yang siap gw ambil! So, semua orang yang uda gw sebutin barusan, keep it real yup! Gw seneng becanda bareng lo semua! Haha, tetep yak!

Balik lagi ke bocah ingusan yang mukanya lagi penasaran banget nanya ke nyokapnya, tapi belom ada respon karena nyokapnya lagi bete nungguin kereta yang ga dateng-dateng gara-gara suatu hal yang ga jelas. Lah, gw juga bete kaya tuh nyokap! Tapi lo semua jangan samain gw ma tuh emak-emak yak! Gw lebih hot dun! Haha.. Iyap ahirnya si nyokap ngemeng juga. Panjang lebar! Tapi yang gw tangkep, si nyokap bilang ga boleh ngomong anjing walopun kita uda tua! Si bocahpun ngangguk-ngangguk kaya orang yang paham banget gitu! Gw cuma bisa senyum kearahnya! Lucu..

Otak gw berputer terus selama di dalem kereta (Oia, waktu itu gw naek kereta mau ke Pemprov DKI Jakarta di daerah Gambir, ngambil data buat karya tulis tugas akhir yang lagi gw garap! Ga naek motor coz pala gw waktu itu pusiiing banget! Hehe, ngarti kan sekarang kenapa kucluk-kucluk gw ada di kereta!). Tapi, sepulang dari stasiun gw ke rumah arab. Baru di depan rumahnya gw uda ngemeng gitu lagi! Ga tahan ngeliat arab! Haha, maavkan aku ya..

Ada yang bisa gw petik, (1) Anak kecil zaman sekarang uda mulai mempertanyakan hal-hal yang waktu gw kecil dulu boro-boro kepikiran nanya kaya gitu, (2) Jadi orang tua zaman sekarang harus pinter-pinter nyari kata-kata kalo ngejawab pertanyaan anaknya yang banyak nanya, kalo ga bisa brabe ntar doi salah tangkep, (3) Kita bisa belajar dari siapapun, bukan halnya dari orang yang ahli di bidangnya, tapi dari anak TK yang gw kira dia belum bisa apa-apa, semoga anak-anaka Indonesia semuanya cerdas-cerdas dan bisa membawa kemajuan dan kebaikan untuk negara ini, (semangat untuk negeri!), dan (4) Rab, gw ga tahan ga ngomong anjing kalo di depan lo! Haha..

(_achmyhoolicz!)

Tidak ada komentar: