22 Juli 2008

DUIT lagi.. DUIT lagi..

Kacrut, punya perasaan ga sih lo?! Masa, gara-gara orangtuanya ga bisa bayar rumah sakit buat bersalin, bayi yang dilahirkannya ditahan pihak rumah sakit! Astagfirullah, sesak banget gw dengernya. Gw sangka ini cuma kejadian di film. Yup, kalo ga salah gw pernah nonton film pendek tentang cerita yang anaknya ditahan gara-gara bonyoknya miskin, ga bisa bayar rumah sakit, judulnya Sayekti-Hanafi. Film yang ngebuat gw ngutuk orang-orang yang ga punya perasaan seperti itu, seperti yang gw liat di Metro Pagi, 10 menit yang lalu.

Ini dunia uda gila. Yang mungkin jadi ga mungkin, yang ga mungkin malah jadi mungkin. Yang salah jadi bener dan yang bener belum tentu terus dianggep bener, semuanya tergantung DUIT. Persetanlah dengan duit, kenapa hati dan perasaan pun harus dikalahkan oleh duit?! Ga tau gw rasanya dipisahin ma anak yang baru aja dilahirin istri lo, atau yang baru lo brojolin sendiri karena lo ga punya duit.

Agaknya uang udah jadi patokan buat berbuat, coba aja kalo ga ada uangnya pasti orang jarang ada yang mau ngebantuin orang lain. Bahkan demokrasi yang dicita-cita bangsa ini dengan mudahnya dapat dibeli dengan uang! Lucu ya, sekarang kekuasaan, kebesaran nama, derajat sosial dapat dibeli dan ditentukan oleh uang.

Orang mau sekolah aja susahnya minta ampun, yah mentok-mentoknya urusan duit. Baru banget gw nemuin temen yang ga bisa ngelanjutin sekolahnya ke perguruantinggi karena ga punya uang (selain karena kurangnya pengetahuan orang tuanya tentang kuliah gratisan). Yah, si anak mah nurut-nurut aja apa yang dibilang bonyoknya, secara dia juga tau kondisi keluarganya. Padahal itu anak pinternya ga ketulungan, pinter akal dan budinya. Lagi-lagi gw sangka yang beginian cuman ada di tv, tapi kenyataannya ada, di sekitar gw lagi.

Fenomena duit yang makin menggila bahkan uda diketahui sama para pekerja seni dengan menciptakan lagu-lagu yang bertema duit. Potret dengan Melly Goeslawnya nyiptain lagu Do It, Naif dengan Uang, dan masih banyak lagi dah. Bahkan lagu duitpun bisa ngasilin duit. Hebat bener nih duit.

Hah, jangan-jangan perasaan ma logika uda bisa juga dibeli dengan uang! Atau jangan-jangan kebahagiaan dan keceriaan hati uda bisa ditaklukan dengan uang? Bahaya-bahaya! Andai aja gw punya duit yang banyak supaya bisa ngebantu orang-orang yang pantes untuk dibantu. Hei orang berkantong tebal, ayo dun bantu sesama..

(_achmyhoolicz!)

Tidak ada komentar: