21 Juli 2008

Ayo Pake GSM, eh CDMA Aja Deh!

Hah, bosen ga sih lo ngeliat perang tarif telepon ma sms yang lagi in sekarang-sekarang ini?! Semuanya menawarkan harga yang sangat menggiurkan, tapi ada udang di balik batu. Ga semua informasinya bisa kita dapetin. Pasti aja ada yang disembunyiin, biar kita beli tuh produk karena tergiur iklannya. Yah, apa emang kaya gitu ya bahasa iklan? Persuasif dan selalu menjebak?! Apa gwnya aja kali yak yang terlalu naïf, terlalu tolol, sampe-sampe termakan bujuk rayu iklan-iklan provider seluler Indonesia itu? Hmmm, harus gw akui, gw adalah salah satu korban dari perang tarif para provider seluler itu. Menyebalkan…

Sebenernya sih sah-sah aja mereka mau perang tarif kaya apa juga, gw ga peduli. Tapi masalahnya sekarang gw termasuk satu dari jutaan konsumen yang merasa menjadi korban perang tarif itu. Pret ah! Kenapa gw bilang gw jadi korban perang tarif?! Yah, asal lo semua pada tau aja, gw pernah sampe suatu titik kebingungan yang sangat mendalam ketika tarif telepon dan sms GSM jadi pada murah. Mereka pada banting harga nyaingin CDMA yang udah duluan memiringkan harganya.

Beneran deh, gw mpe bingung banget apakah gw tetep mempertahankan Mentari gw yang notabenenya menjadi GSM paling mahal dan terkenal dengan tidak ada bonusnya. Mentari yang hanya mengeluarkan bonus freetalk di malam hari, yang ketika gw pake bonus itu, orang-orang yang gw teleponin malah marah-marah karena deringan telepon dari gw ngeganggu tidur malamnya yang nyenyak. Atau gw harus ganti ke provider lain seperti XL dengan tarif yang murahnya itu ke seluruh operator, M3 dengan sms yang diobral, 3 dengan tarif hampir gratis ke sesamanya, Simpati yang juga mengiurkan karena dia juga menggunakannya (hehe..), atau provider baru lainnya yang ga kalah menguntungkan kalo gw itung-itung. Tapi kalo gw ganti nomer Mentari gw, maka gw akan sulit dihubungin ma orang-orang yang udah lama ga keep in touch ma gw. Secara gw pake Mentari semenjak dia keluar kepasaran. Udah lama banget kan? Yah seenggaknya lebih dulu gw pake Mentari dibandingin ma waktu lo beli hape. (haha, sombongnya,,,). Jadi inget kata temen gw juga yang bilang kalo nomer gw adalah nomor perek (WTS-red!), secara juga orang-orang dari zaman tai kotok belum dilebur juga gw ga pernah ganti-ganti nih nomer. Waktu nomor gw ilang (beserta hapenya juga!huh..), gw ke Galeri Indosat dan mbak-mbak penjaga counternya juga bilang, “Wah mas, ni nomor lama ya? Sayang banget ya kalo ilang! Bagus nih..”. Hah, betapa pentingnya nomor Mentari itu buat gw!

Sungguh waktu itu gw berada dalam situasi yang dilematis banget (Saaah, bahasa lo ‘my, mana tahaaan!). Ganti atau engga, ganti atau engga, ganti atau engga, ganti atau engga. Hah, nyebelin dah pokonyah. Untung kedilematisan gw di GSM tidak berpengaruh pada provider CDMA gw, esia. Sempet berpikir untuk mengganti esia gw itu ke starone, karena starone juga dikenal dengan kemiringan tarif sesamanya dan keluar operatornya. Starone juga menyediakan tarif murah buat para pengguna internet di handphone mereka, yah kaya gw ginilah. Tapi kekokohan iman gw untuk tetep berada pada jalur esia tidak tergoyahkan (Piihh!). Gw mpe sekarang masih tetep make esia nih. Sebenernya alesan utama gw tidak pindah ke lain hati sih (kaya lagu aja yak?!) yah gara-gara temen gw masih tetep pada esia mereka masing-masing. Lumayan murahlah neleponin mereka kalo gw iseng. Itung-itung, iseng-iseng berhadiahlah. Udah dapet temen ngobrol, bayarnya juga ga mahal-mahal amat. Coba aja bayangin kalo gw pake provider lain terus gw neleponin mereka berjam-jam, berapa pulsa yang harus gw keluarkan?!

Balik ke masalah kebingungan gw dalam memilih GSM, akhirnya gw memutuskan untuk membeli handphone lagi. Jadi tiga men hape gw! Gayamu ‘my, sepet banget sih! Hihi.. Tapi beneran, ahirnya daripada gw bingung-bingung mikirin provider apa yang cocok untuk menggantikan Mentari gw yang sebenernya ga mau gw ganti itu, yah mendingan gw beli hape baru. Mengeluarkan sedikit cost yang lebih mahal tapi gw jadi ga bingung lagi. Tul’ ga?! Nokia 1200 ahirnya menemani Nokia N70 dan Nokia 2865 gw.

Hmmm, setelah gw beli hape baru, gw sangka masalah ilang semua. Ternyata gw salah men (Tai banget!). Sekarang gw bingung harus make provider apa. XL, M3, 3, Simpati, As, atau apa?! Nyebelin banget ga sih! Yah sebenernya mungkin ini salah gw yang serba plin-plan, tapi kan tetep aja gw empet, terlepas dari itu semua. Bingung gw ngeliat papan-papan iklan segede-gede gaban di jalan-jalan utama di Depok, di Jakarta, di Bintaro pada masang provider seluler yang lagi pada perang tarif. Deket-deketan dan main saingan rendah-rendahan tarif. Bukan itu aja, mereka juga saingan gede-gedean papan. Sebel banget ngeliatnya, tapi itu masih sah-sah aja yah selama papan-papan itu ga jatoh terus niban orang-orang yang lagi ada pas di bawahnya. Haha..

Ahirnya setelah mendapatkan wangsit dari beberapa temen gw, dan menghitung-hitung laba ruginya (Ya, iyalah gw kan orang ekonomi gitu loh! Haha..), Nokia 1200 gw itu diisi oleh provider 3. Yah, walopun untuk sementara, tapi lumayan 3 gw dapet nomor cantik. Hehe.. So, semenjak itu gw mengumpulkan nomer orang-orang yang menggunakan 3 untuk gw sms selebritis (secara sms sesama 3 gretongan gitu loh! Heu3x..).

Terus bagaimana dampak keuangan gw setelah gw memiliki tiga buah hape yang semuanya aktif dan dihubungi serta menghubungi banyak orang? Apakah jadi tambah irit? Ternyata tidak saudara-saudara. Menyebalkan.. Tetep aja pulsa yang harus gw beli segitu-segitu juga. Padahal notabenenya kalo tarif murah, maka pulsa yang gw beli juga semakin dikit dun, tapi sayangnya ga begitu. Bahkan gw harus merogoh uang receh lebih banyak utuk mengisi 3 gw. Lalu, bagaimana pula dengan nasib Mentari dan Esia gw?! Mereka baik-baik sajalah! Hehe.. Yup, kebutuhan pulsa mereka tetep stagnan seperti halnya gw dulu cuma ngasih makanan ke mereka berdua, gada yang berubah apalagi berkurang.

Yang ada sekarang gw bingung kalo mau sms ma telepon orang harus pake hape yang mana. Gw jadi harus menghitung-hitung terlebih dahulu akan lebih menguntungkan kalo gw pake Mentari, 3, atao Esia! Jadi cape dah otak gw, sampe ahirnya sekarang gw mengabaikan itu semua, bodo amatlah yang mana yang mau gw pake ya itulah yang gw pake. Masalah pulsa mah belakangan, bisa minta lagi kan?! Haha.. Konsumtif sekali hidupmu ‘my! Yah, pokoknya sekarang mah yang ada pulsanya yang gw pake buat ngehubungin orang. Peduli amat ma untung rugi yang awalnya menjadi bahan pertimbangan utama gw. Huh, kalo gitu ngapain gw pake bingung-bingung segala yak, ngaapain juga gw harus ngeluarin uang lebih buat beli hape. Tapi buat apa gw nyesel, seneng dun punya hape tiga. Hehe..

Sempet gw berpikiran kenapa sih GSM ga tetep mahal aja, yang murah CDMA aja biar kita semua tuh ga kebingungan! Dan sebenernya sampe sekarang gw masih berpikiran kaya gitu sih. Hehe, tolol yak. Abisnya sekali lagi gw bilang, gw sebeeeeeeellll banget ma perang tarif. Gw ga mau jadi korban perang tarif provider seluler kaya gini. Huh, menyebalkaaaan...

Jadi, buat lo semua yang lagi dalam kebingungan kaya gw dulu tentang masalah perang tari para provider seluler ini, cobalah untuk berpikir lebih tenang dan tidak terbawa napsu. Ternyata semuanya sama aja, mau pake apapun kalo kita sangat konsumtif (seperti yang gw lakukan selama ini!) maka hasilnya sama aja. Kita harus mengeluarkan uang untuk membeli pulsa dengan jumlah yang sama. Apapun provider yang lo pake sekarang bukan jadi masalah. Murah, mahal sama aja. Asal sama-sama bayar dan providernya itu bisa memajukan kehidupan telekomunikasi di Indonesia. GSM, ataupun CDMA sekarang sama aja. That’s it!

(_achmyhoolicz!)

Tidak ada komentar: