21 Juli 2008

Batik yang Menggelitik!

Beberapa hari yang lalu, pas gw jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, Margo City, entah kenapa perhatian gw terpusat pada segerombolan anak muda (cewe-cewe mol kali yak?!), yang berpenampilan dengan PDnya menggunakan motif batik pada baju yang mereka pake. Ga jauh dari situ juga, gw ngeliat banyak banget pedagang yang sekarang ngejual batik dengan berbagai motif dan ga kalah penting, model yang ditawarkan juga beragam.

Dengan kata lain, batik udah menjamur di seluruh kalangan masyarakat. Banyak banget ibu-ibu yang biasanya jualan baju muslim, atau baju daster, sekarang malah nawarin produk barunya, batik. Waktu gw pergi kongkow-kongkow barengan ma temen-temen SMA gw di suatu resto di Jakarta juga ngeliat banyak banget orang yang make batik dengan model yang uda kekinian. Jadi, gw ngambil suatu simpulan kalo emang batik sekarang uda merakyat. Semua kalangan merasa PD dan pantes make batik, dan tentunya semua acara ataupun kegiatan sudah bisa beradaptasi dengan batik yang digunakan oleh pengunjungnya.

Otak gw langsung berpikir, inikah dampak langsung dari warisan leluhur bangsa yang dicolong itu?! Orang-orang jadi pada pake batik untuk mempertegas kalo emang batik punyanya Indonesia, kalo batik emang asetnya Indonesia. Bukan punya Negara lain, bukan punya negara lain. Atau ini cuma sekedar euforia dari pameran batik yang kemaren aja baru diselenggarain?! Atau, apakah ini cuma trend mode yang lagi in, sehingga ngebuat banyak orang ikut-ikutan make batik biar dikata ngikutin perkembangan mode?! Apalagi kalo kita liat di tv, para artis sekarang uda pada make batik disegala kesempatan. Bukan cuma di acara resmi atau pas malam penganugerahan, bahkan mereka make batik buat acara dugem atau sekedar nongkrong di cafe. Pada intinya kaum socialite berpikiran kalo make batik bisa jadi alternatif yang cocok saat ini.

Yah, mudah-mudahan aja analisis gw yang pertama yang bener. Banyak orang yang make batik karena ingin melestarikan budaya bangsa, karena mereka ingin mempertegas kalo batik emang punya kita, punyanya Indonesia, karena mereka pengen hak paten atas batik balik lagi ke Indonesia. Yup, harapan gw sih emang kaya gini. Cuma bukannya gw berpikiran negatif sama orang-orang itu, ko sampe sekarang gw melihatnya itu sebgai suatu trend doang yak! Secara banyak banget masyarakat Indonesia yang jadi korban mode. Mereka pake baju apapun yang lagi in, apalagi sampe dipake artis-artis ibukota., tapi mereka ga sadar dan ga memperhatikan kalo gaya yang mereka gunakan itu ga cocok sama sekali ma muka, badan, bahkan kepribadian mereka.

Huh, emang yang patut disayangkan pengetahuan masyarakat Indonesia mayoritas masih minim, apalagi tentang dunia fashion yang baru aja kita kenal. Banyak fashion designer muda Indonesia yang bilang kaya gitu loh. Yah, gw ngomong kaya gini buka berarti gw juga melek fashion, tapi paling ga, gw ga ikut-ikutan jadi korban mode. Gw lebih seneng berpenampilan dengan gaya gw, yang walaupun berbeda dari yang lagi in, tapi tetep fit dan matching di badan gw, sehingga bikin gw makin PD berat.

Pernah juga gw liat di tv, kalo ga salah ada Cinta Laura, ma dua artis lainnya yang gw lupa. Ya iyalah gw ingetnya cuma Cinta Laura, secara doi fenomenal banget. Yang gw inget, mereka mempromosikan batik untuk dipake di berbagai kesempatan dan oleh siapapun. Kampanye yang gw nilai cukup berhasil dibanding kampanye-kampanye colongan yang dilakukan ma para elit-elit politik yang pengen maju ngegantiin SBY di Pilpres 2009 ntar. Eh, ini berarti para elit politik bisa make Cinta Laura buat jadi juru bicaranya ntar loh! Hehe.. (gw baru tau, katanya duta batik Indonesia itu Andien yak?!)

Sebenernya ada sedikit split feeling antara logika ma perasaan gw. Gw seneng banget sekarang banyak orang yang udah nganggep batik sebagai hidupnya, sebagai bagian dari gaya berbusananya,dan mereka pun udah PD dan ga canggung lagi kalo make batik. Batik udah menjadi ciri berbusana masyarakat Indonesia, dan ini emang udah seharusnya terjadi sejak zaman dahulu kala, sebelum tuh hak paten terhadap batik dicolong negara lain. Tapi dilain sisi, kok gw rada empet yak ngeliat mereka-mereka yang cuma ikut-ikutan make batik dengan satu alesan, yaitu supaya mereka dibilang sadar fashion, atau ga ketinggalan zaman. Pret ah!

Oia, sekedar informasi, gw cuma punya satu baju batik dan itu udah gw beli dan gw pake sejak gw ada di kelas 2 SMA. Batik yang waktu itu gw pake dicela orang udah kaya aki-aki make batik, ada juga yang bilang gw mirip pejabat pemda pas hari jumat gara-gara make batik, dan yang paling parah, ada yang ngatain gw mirip Office Boy hotel nasional yang lagi promo hari kemerdekaan. Hey, ada yang salah dengan batik yang gw pake?! Melek dun, batik itu gaya kita yang seharusnya men! Tapi kok sekarang gw ga punya niatan sama sekali untuk menambah koleksi perbatikan gw gara-gara batik uda dipake banyak orang dengan tujuan yang ga jelas. Yang pasti gw ga mau disamain ma orang-orang kormod gara-gara make batik. Yup, someday gw bakal pake batik dengan kebanggaan yang melekat di baju gw itu.

Yah, batik yang menggelitik. Yang bikin ketawa geli ketika banyak orang yang memakainya hanya gara-gara kormod pengen ikut-ikutan, dan akan semakin nyebelin dan bikin pengen nangis ketika semakin banyak orang yang make batik tapi ga ngerti arti batik yang mereka pake, semakin banyak orang yang ga ada rasa kebanggaan ketika batik itu melekat pada badan mereka. Huh, semoga aja batik tetep eksklusif dan menjadi kebanggaan gw, kebanggaan kita semua. Yang ketika kita make batik, maka akan semakin tinggi nasionalisme kita.

So, lets go from now, ayo atuh kita pake batik. Tapi bukannya karena pengen ikut-ikutan, bukannya pengen dibilang punya style oke, tapi emeng bener-bener kita bangga pake batik karena itu merupakan buah karya anak bangsa yang harus kita peliharaan dan bukannya dibiarin dicolong ma Negara lain. Batik, here I come..

(_achmyhoolicz!)

Tidak ada komentar: