21 Juli 2008

Cinderamata Hardiknas

Hardiknas di depan mata! Ko gw tau yak? Ya iyalah, secara bokap-nyokap gw berkecimpung di dunia pendidikan dan sekarang lagi ribet banget ngurusin tuh hari. Mereka dan ribuan civitas akademika sekolahan seluruh Indonesia mungkin lagi muter otak buat ngemaknain hari yang ngebuat pendidikan jadi salah satu prioritas pemerintah buat dikembangin, jadi salah satu kebutuhan primer masyarakat, dan jadi sasaran para calon pemimpin yang ngebual-bual janji kampanye politiknya.

Seberapa pentingnya pendidikan ya buat orang-orang di Indonesia yang notabenenya masih banyak yang ga bisa makan cukup, ga bisa tidur enak, ga bisa ketawa lega? Miris banget ngeliat orang-orang itu, orang-orang yang seharusnya menjadi kaya karena pendidikan yang baik. Lagi-lagi uang, lagi-lagi uang.. Apa uang jadi standar segala macem yang ada di dunia, kenapa harus uang yang ngebuat kita bodoh karena ga bisa ngeyam pendidikan yang normal?

Ah, kenapa pendidikan di Indonesia masih mahal? Kenapa semua jenjang study masih jadi barang langka buat sebagian besar masyarakatnya? Boro-boro kuliah di perguruan tinggi, banyak banget yang gw liat ga bisa sekolah SD! Apa yang bisa diperbuat orang seperti gw, seperti kita? Orang-orang yang ingin berbuat sesuatu tapi entah ingin berbuat apa! Orang-orang yang hanya bisa mengiba tanpa tau caranya memberi.

Seperti apa kita harus memaknai Hardiknas? Seperti Ki Hajar Dewantara memperjuangkan pendidikan dulu? Seperti SBY yang mengalokasikan 20% dana dari APBN Indonesia buat pendidikan? Seperti Jusuf Kalla yang menaikkan standar minimum kelulusan UAN anak SMA? Seperti temen-temen gw yang belajar jauh-jauh hari mempersiapkan ujiannya? Atau mungkin seperti para calon pemimpin yang membual 1001 janji manis buat pendidikan gratis?

Yah, kalo aja ada orang yang concern sama pendidikan kaya yang dilakukan Ki Hajar Dewantara mungkin pendidikan kita ga gini-gini amat yak. Pendidikan Indonesia jadi nomer satu di Asia bahkan di dunia kali yak. Kalo sekarang mah pendidikan jadi alat politik doang. Tega-teganya para calon pemimpin itu ngasih janji palsu buat rakyat. Mudah-mudahan aja makin banyak orang yang peduli ma pendidikan Indonesia, walopun ga kaya yang dilakukan Ki Hajar Dewantara dengan Tut Wuri Handayaninya, tapi kita bisa ngasih kontribusi lain yang sesuai dengan kapasitas kita. Tul gak?!

Hmm, semua tergantung kita menyikapinya bukan? Seperti yang sering lo semua denger di infotainment, disetiap ada gosip tentang selebriti, yah semuanya tergantung kita sebagai korban infotainment menyikapi dan menanggapi tuh gosip. Haha... Yang pasti, gw menyikapi Hardiknas dengan nyelesain TA gw secepet mungkin, seperfect mungkin, supaya gw bisa liburan dengan tenang sebulan full dan prepare buat kompre! Hah, seandainya... n_n

***

Hari ini pengumuman kelulusan UN anak SMA, dan entah kenapa ada sedikit galau untuk melihat hasil dan mengetahui persentase kelulusannya. Takut menghadapi kenyataan kalau banya murid Indonesia yang ga lulus, dan takut melihat fakta bahwa banyak diantara mereka yang lulus tapi ga pantes untuk lulus. Mau jadi apa nantinya negeri ini dipimpin sama orang-orang yang sebenernya ga pantes lulus sekolah, orang-orang yang mengenyam pendidikan normal tapi sering berpolah seperti binatang, seperti tidak berpendidikan.

Tapi bagaimanapun gw menghindari berita tentang kelulusan anak-anak sekolahan, tetep aja gw tergelitik oleh rasa ingin tau yang banget-banget, bagaimana nasib ade-ade kelas gw?! Alhamdulillah ga ada kabar aneh yang ge terima, mungkin lulus semua, seperti biasanya! Emang tanpa bermaksud bernarsis-narsis ria, sekolahan gw menjadi pengecualian dalam hal keraguan gw terhadap kelayakan para murid lulus UN, sekolah gw menjadi sekolah yang gw anggap beruntung karena mempunyai murid yang punya potensi yang gemilang bak bintang yang siap bersinar. (Kalo ga percaya, let’s check them out right now, temen-temen angkatan 2005 yang sudah bersinar ditempatnya masing-masing).

Pertanyaan selanjutnya yang muncul dibenak gw, kenapa sih banyak banget orang-orang yang nyoret-nyoret baju mereka dikala mereka lulus? Anak SD yang harus menempuh sekolah 6 taun lagi, SMP yang mencoret-coret baju, padahal masih harus terus berjuang di SMA, anak SMA yang masih harus kulia, dan untungnya belom pernah gw ngeliat anak TK yang nyoret-nyoret baju mereka karena mereka lulus. Mending kalo mereka yang nyoret-nyoret baju lulus dengan predikat memuaskan! Kalo pengen mengekspreseikan kegembiraan karena lulus, mboh yang positif dikit gitu. Apa ini hasil dari pendidikan yang mereka jalankan? Kalo emang bener, siapa yang harus disalahkan? Gurunya, muridnya sendiri, presidennya, atau sistem pendidikan yang ada?

Yah, mudah-mudahan apa yang liat, yang gw pertanyaankan selama ini bukan merupakan hasil dari pendidikan di Indonesia, bukan merupakan cinderamata Hardiknas beberapa hari yang lalu, bukan juga merupakan cerminan moral dan pribadi bangsa yang mulai terkikis, tapi hanya sebuah euforia kegembiraan untuk terus tetap berkarya. Lets make a better Indonesia together!

-gw nulisnya beberapa hari sebelum hardiknas dan dilanjutkan pas pengumuman UN anak SMA-

(_achmyhoolicz!)

Tidak ada komentar: