23 November 2009

Welcome Ternate!

Minggu, 12 Juli 2009
Malam ini saya bersiap, packing baju dan dokumen yang akan saya bawa dan kerjakan di Ternate sana. Pakaian dan segala tetek bengeknya sudah disiapin nyokap, tinggal bawa saja. Beruntung sekali saya memiliki seorang Ibu yang begitu pengertiannya. Pukul 23.00 WIB saya berangkat diantar bokap menuju bandara. Perjalanan yang singkat untuk hati yang excited minta ampun dan kondisi badan yang belum juga membaik.

Senin, 13 Juli 2009
Puku 00.45 WIB saya tiba di bandara Soekarno-Hatta, sudah ditunggu oleh Pak Awal, rekan satu tim di Ternate sana. Bukan untuk pertama kali saya naik Batavia Air, tapi entah kenapa kali ini begitu excitednya. Mungkin karena ini perjalanan pertama saya menuju Indonesia Timur, sebuah sisi lain dari kehidupan di Indonesia. Pesawat take-off tepat pukul 01.25 WIB dan ternyata kami sepesawat dengan Kasetlan Ternate, temannya Pak Awal. Di pesawat, untuk mengurangi penat, tidurlah saya. Bangun sudah di atas Laut Maluku, pesawat terbang hany beberapa meter di atas permukaan laut. Getarannya men, ajip bener. Seperti biasa, Batavia landingnya aga tidak enak, berasa naek ojeg dah, hha.. nyampe Ternate langsung makan lontong sayur yang rasanya ala Ternate, saya gatau dah, beda aja pokonya sama lontong sayur depan kantor. Setelah itu, saya tidur di hotel. Bangun uda pukul 14.00 WIT dan langsung sosialisasi di perwakilan. Hebat juga ternyata saya berbicara di depan para ketua tim, cihuuyy. Makan malam ikan bakar, ikan Krapung, maknyosss. Tapi terpaksa harus minum obat anti alergi, untuk stoknya banyak, pengalaman di Medan mengajariku nsegalanya, hhe..

Selasa, 14 Juli 2009
Bangun kesiangan, disamperin berapa kali sama orang perwakilan. Makan siang pake nasi Padang pukul 11.00 WIT. Lama juga di kantor, menunggu orang perwakilan menyelesaikan tugas yang saya bawa untuk mereka, hhi.. Pukul 16.30 WIT kami diantar oleh Pak Kasubagsetkalan pulang ke hotel. Selepas Magrib, kami makan malam di sebuah restoran. Kali ini makan Ikan Bawal bakar dan rica, sedaappp. Sayang saya tidak doyan seafood. Sampe hotel tidur dengan nyenyaknya hingga pukul 23.30 WIT saya terbangun dan tidak bisa tidur lagi, nonton tivi yang saya tidak mengerti konsep acaranya, yasudahlah..

Rabu, 15 Juli 2009
Hari ini telat sarapan, udah abis tinggal kopi sama teh aja. Akhirnya kami memutuskan untuk sarapan di sebuah kafe dekat hotel. Saya makan bubur manado denga es milo, Pak Awal dengan nasi goreng spesialnya dan teh botol sosro, apapun makanannya minumnya teh botol sosro katanya, hha.. lagi-lagi kami menunggu di perwakilan, belum selesai juga nampaknya pekerjaan yang kami tunggu. Makan siang di Bakso Lapangan Tembak, jauh-jauh ke Ternate makannya tetep Bakso lapangan Tembak, hha.. malamnya, lagi-lagi saya harus meminum obat anti alergi setelah memakan ikan krapung rica yang maknyoss itu dan akhirnya nyobain juga es kelapa muda dengan gula merah, ajib bos!

Kamis, 16 Juli 2009
Hari in parah capenya. Mulai ngerjain laporan yang harus diselesaikan segera mungkin karena kalo diselesein di Jakarta ga ada waktu lagi, validasi setumpuk LHP telah menunggu. Sarapan pake nasi fu yunh hai, yang lebih mirip telor dadar. Pukul 12.00 WIT saya dan para paejabat dari perwakilan menghadiri sebuah pernikahan orang disana. Seru juga, dapet kesempatan ngeliat pesta pernikahan adat Ternate lengkap dengan makanan khasnya yang ternyata tak cocok di lidah saya. Padal orang-orang lahap bener makannya. Pake dikerjain sama Kasubag Keuangan Ternate pula gw, makan sampe kekenyangan, perut sampe sumpek, haff. Sorenya gw ma Pa Awal ditemenin ma Mas Yadi dan Pak Ipung keliling-keliling Pulau Ternate dengan mobil, yah sekitar dua jamlah, udah nyampe kantor lagi. Sempet berenti di sebuah panti dan danau yang indah bener, tapi gw lupa namanya. Satu kesimpulan yang gw dapet, Ternate itu indah banget, tapi sayang belum dikelola dengan baik lahan pariwisatanya itu sama pemda terkait. Minum es kelapa muda lagi sambil ngeliatin laut, gunung, dan nelayan yang lagi kerja. Sempet makan pisang pake sambel, makanan khas sana, aneh dah, ahahaa.. dan yang penting hari ini, gw ma Pa Awal ikutan lembur nungguin data yang harus kita bawa ke Jakarta sampe jam 2.00 WIT. Waw.. menikmati keheningan malam Ternate, seru juga. Banyak ngobrol sama temen-temen di perwakilan, Robby, Aul, dan Jawir. Masih hangat seperti dulu, masih bermakna..

Jumat, 17 Juli 2009
Dini hari kami pulang dari kantor. Diputuskan kalo kami gag tidur takutnya kesiangan karena pesawat takeoff jam 7.00 WIT. Mesen popmie dan soft drink di hotel, ngobrol ngalor ngidul bersama Pa Awal yang aneh itu, wkk.. akhirnya jam 6.00 WIT kita meninggalkan hotel, dijemput sama Mas Yadi dan Pak Ipung yang kelihatan masih butuh wajtu untuk tidur. Sampe bandara Sultan Baabullah dan kita langsung check-in. Finally, pesawat boarding, take-off dan meninggalkan Ternate yang penuh kenangan itu. Salut saya untuk teman-teman di Ternate, Robby, Aul, dan Jawir yang kerja bak kuda, hhe! Karena hidup adalah perjuangan dan tempat istirahat kita sesungguhnya adalah di surganya Allah. Selamat tinggal kawan, suatu saat nanti kita akan besama lagi di Jakarta. Pesawat sampai di Bandara Soekarno-Hatta, saya tertidur sepanjang pejalanan. Supir sudah menunggu, lagi-lagi saya tertidur di mobil yang mengantarkan saya kembali ke rumah tercinta.