23 November 2009

PRJ, saatnya pesta rakyat!

Sabtu, 11 Juli 2009, gw sama keluarga jalan ke Pekan Raya Jakarta ato lebih beken dengan istilah PRJ-nya di Kemayoran. Rencana pengen jalan-jalan cuci mata dan cuci kantong malah kebanyakan ngomelnya gw, hha.. Penuuuuh banget, nyari parkiran aja sejam lebih sendiri, paling maleslah gw kalo pergi harus desek-desekan gitu, sumpek, gerah! Sepanjang perjalanan mencari parkir, gw ngeliat banyak banget pedagang kerak telor, masakan khas suku Betawi yang adanya cuman pas PRJ. Yang jadi masalah buat gw, mereka itu adanya di pinggir-pinggir jalan. Kenapa gag semuanya dimasukkin ke dalam arena PRJ? Mahal, iya mahal buat bayar sewanya. Gw sempet nanya berapa harga sewa kalo di dalam arena PRJ, dan mereka bilang sekitar 1,5juta buat sebulan, sementara kalo di emperean gini cuman 300 ribuan. Gilaaa, apakah ini masih bisa disebut dengan pesta rakyat??????

Hah, bodolah. Toh suara gw juga gag bakal didenger siapa-siapa. Paling-paling juga cuman didenger sama supir gw yang uda biasa denger gw ngomel. Ato nyokap gw yang cuman diem, males ngeladenin anaknya yang nyerocos terus.

Tapi terus terang memang PRJ masih bisa disebut sebagai ajang untuk menghibur masyarakat ibu kota di tengah kesemrawutannya. PRJ masih diminati. Bukan karena harganya yang miring, bukan juga karen para penjaja barangnya yang aduhai, dan bukan juga karena lokasinya yang deket dengan rumah mereka. Tapi karena kecintaan mereka terhadap Betawi, terhadap sesuatu yang tradisional ditengah-tengah laju modernisasi yang menghempas budaya mereka. Yah, paling gak itu hal positif yang masih ada di benak gw.

Di sana, gw cuman makan (jauh-jauh cuman makan!), terus mampir ko counter helm. Ahirnyaaa ada juga ukuran pala gw, horee punya helm baru deh, hhe.. Rencana membeli kemeja dan sepatu baru gagal karena keletihan yang amat sangat menderita saya. Riuh, ramai, dan penuh antusias. Kami tunggu PRJ 2010 dengan inovasi baru tetapi tetap memegang ketradisionalannya. Bravo Jakarta..

Tidak ada komentar: