23 November 2009

Ini daerah bung, bukan ibukota,..

Dalam sebulan ini, Alhamdulillah saya mendapatkan kesempatan untuk berkeliling ke berbagai kota yang ada di Indonesia. Sebut saja Semarang, Medan, dan Ternate. Ada yang berbeda dengan kehidupan yang saya jalani di ibukota, saya pun sedang mencari apa perbedaannya.

Saya memang terbiasa dengan hiruk pikuk ibukota lengkap dengan kemeriahan dan kemacetan yang terjadi di dalamnya. Tapi buka itu yang saya ingin bahas. Semua orang juga tahu kalau saya anti hidup selain di Jakarta. Yaa, karena memang orang tua saya tinggal di Jakarta dan saya memang terbiasa dimanja dengan fasilitas yang serba ada di Jakarta. Yang ingin saya bahas di sini, mengapa daerah-daerah yang saya kunjungi itu tidak memiliki fasilitas yang sama dengan ibukota?

Wilayah mereka jauh lebih luas dari Jakarta, masyarakatnya pun juga membutuhkan hal-hal yang sama dengan masyarakat ibukota. Ya, saya tahu itu karena saya selalu bertanya kepada mereka yang tinggal di daerah-daerah yang saya kunjungi. Sekarang, kalau hanya ibukota, atau kota-kota besar yang mendapat fasilitas yang sesuai, bagaimana bangsa ini mau maju secara utuh, secara keseluruhan? Medan, yang dikenal sebagai kota terbesar dan teramai ketiga setelah Jakarta dan Surabaya saja sulit sekali didapati angkutan umum. Ternate, sulit sekali berkomunikasi dengan orang-orang pusat melalui telepon, internet pun sulit sekali diakses.

Lalu, setelah apa yang saya dapat di daerah, apakah pantas kalau banyak masyarakat Jawa yang notabenenya menjadi pusat peradaban di Indonesia enggan untuk melakukan transmigrasi ke daerah-daerah terpencil? Apakah memang pemerataan tak akan pernah terjadi di Indonesia?

Satu hal yang wajib saya syukuri bahwa hingga saat ini dari saya lahir, saya mendapatkan fasilitas berlebihan yang membuat saya lebih mudah dalam menjalani hidup. Memang akan selalu jenuh dan terisolasi ketika saya berada di daerah. Tapi ini daerah bung, bukan ibukota tempat anda dimanjakan dengan berjuta kenikmatan. Namun tetap saja, saya bangga bisa ke daerah-daerah itu. Asli, indah, dan memukau. Sebuah sisi lain dari kehidupan yang ada di Indonesia. Yah, hitung-hitung bertemu dengan sahabat-sahabat saya di perwakilanlah.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

lagu lo yang anak ibukota..
ani

Anonim mengatakan...

iya deh yang ageje mah,..

dena

Anonim mengatakan...

anak gaul depok lo..