17 Oktober 2008

Kuingin Memanggilmu Hanya dalam Tulisan

Wuih, judulnya ga nahan dah! Agak sedikit ga nyambung dengan apa yang mw gw tulis nih, tapi biar lebih menjual dan terlihat intelek, maka gw terinspirasi untuk memakai judul ini. Hehe, piss..

Tulisan adalah sebuah bentuk bahasa yang gw rasa setiap orang bisa berkomunikasi lewatnya. Sekarang siapa coba yang bisa melewati harinya tanpa melakukan komunikasi. Walopun tulisan cuma dateng sebagai alternatif dari komunikasi lisan tapi tetp aja tulis-menulis bisa mendatangkan keuntungannya sendiri. Yah, banyak orang yang memilih berkomunikasi lewat tulisan, surat, sms, dan laen-laennya (secara sekarang teknologi uda maju, jadi gw ga tw lagi dah contoh komunikasi lewat tulisan!). Mereka lebih banyak memilih lewat tulisan karena dianggap lebih formal, lebih mudah karena ga usah pake ekspresi, lebih sedikit memainkan mental, deesbe dah.

Tulisan juga bisa dijadiin hobi (kaya yang gw lakuin nih! Cieeeh..). Yah, enaklah punya hobi nulis. Jadi kalo uda kesel dan lagi ga ada yang bisa diajak sharing, nulis bisa ngilangin kekesalan itu. Nulis juga bisa jadi temen yang paling aman dalam menjaga rahasia tentang apa yang kita ceritakan di dalamnya. Haha, terlihat sangat persuasif, tapi gw ga bermaksud ngiklan loh.. Oia gw juga sangat terbiasa mencatat kuliah atau apapun itu dengan sangat cepat, rapi, terstruktur, dan lengkap loh! Mungkin ini dampak langsung gw suka nulis kali yak! Udah gitu, kata banyak orang, tulisan gw enak dibacanya, baik kata-kata maupun kerapihannya. Kata orang-orang loh, kata gw juga siih! Haha, narsis bet ah! Norak yak?!

Banyak orang juga menjadikan tulisan sebagai objek penghasilannya. Yap, setau gw tuh si penulisnya Harry Potter udah jadi wanita terkaya kedua di bidang entertainment cuma gara-gara mengkomunikasikan khayalannya tentang penyihir-penyihir muda. Belom lagi kaya Raditya Dhika yang tiba-tiba jadi populer gara-gara tulisan nyelenehnya itu. Jadi, gw cuma bilang nulis itu datengin banyak banget keuntungan loh. Ini yang baru-baru ini gw sadarin..

Sayangnya, banyak orang yang bisa nulis tapi ga bisa berkomunikasi dengan baik lewat tulisannya itu. Pada intinya tulisannya ga enak dibaca (mungkin kaya tulisan-tulisan gw yang emang cuma enak dibaca oleh penulisnya sendiri!). Berangkat dari hal itulah, gw juga berkesimpulan kalo nulis itu susahnya minta ampun. Perlu bakat, perlu latihan, dan yang pasti perlu keinginan. Bohong aja kalo ada yang ngomong nulis itu gampang, ga butuh bakat, ga butuh latihan atau ga butuh keinginan untuk nulis.

Tapi, setelah berpengalaman hidup selama kurang lebih 20 tahun (yah, ini mah belum makan asam garam kehidupan yak?!), gw menemukan banyak banget orang yang hanya bisa berkomunikasi lewat tulisan. Lewat sms misalnya. Yah, bukan berarti mereka ga bisa ngomong, tapi akan kelihatan lebih ekspresif aja, lebih enak dan nyambung ketika mereke berkomunikasi lewat tulisan dibandingin pas gw ajak ngobrol face to face. Aneh kan?! Ternyata ga aneh juga. Pernah gw mengkonfirmasi keadaan ini ke seorang temen gw, seorang yang sangat lihai dalam memainkan kata-kata, seorang yang sangat-sangat pandai berkomunikasi lewat tulisan sehingga membuat seolah-olah tulisannya itu yang hidup berbicara ke gw, dan dia bilang kalo emang dia tidak terbiasa mengkomentari segala sesuatunya dengan ucapan, dia lebih nyaman ketika mendapatkan informasi ya dengan dicatat dan menginformasikan ke orang lainnya juga dengan catatannya tadi yang dia buat. Yah, emang terdengar cuma masalah biasa atau tidak, bisa atau tidak, dan nyaman atau tidak.

Sedikit ingin bercerita tentang seorang temen gw yang memiliki kelemahan jika dia harus ngobrol bareng gw secara langsung. Yup, dia sangat bingung sekali harus bermain kata demi kata kalo ngobrol ma banyak orang. Dan harus diakui, gw pun kurang ngerti dengan apa yang dia omongin (Yah, kata orang itu mah emang gwnya yang lemot! Huh..). tapi beneran, gw ga ngerti banget apa yang gw tanyain eh dijawabnya kaya apa. Sampe ahirnya gw menemukan cara supaya bisa konek ma dia. Yup, dengan bantuan sms dari hp. Terbukti apa yang gw lakuin berhasil. Dengan mudahnya gw bisa mengerti apa yang dia maksud lewat tulisan smsnya itu, bahkan untuk urusan yang gw ga ngerti sama sekali, komputer misalnya.

Ada kasus lain, temen gw yang ga pernah manggil gw secara langsung, ga pernah ada bahan pembicaraan kalo ketemu gw, ga pernah menatap mata gw seakan-akan menghindar kalo gw pengen nanya-nanya ke dia. Gw berpikir, apa ada yang salah dari diri gw?! Apa dia tidak terbiasa dengan kehebohan gw dikala gw harus berinteraksi dengan banyak orang?! Ternyata setelah gw konfirmasi ke orangnya bukan tuh. Lah terus kenapa?! Padahal, dia sering banget sms gw, nanya-nanya tugas ma kabar orang-orang via sms hpnya itu. Yah, ternyata gw tw. Dia tidak terbiasa berkomunikasi dengan ucapan. Dia lebih nyaman kalo ngobrol ma gw via sms, via chat room, dan via surat kali yak?! Haha..

Lagi-lagi masalah nyaman atau tidak, masalah biasa atau tidak. Apakah masalah berkomunikasi hanya dipengaruhi sama kenyamanan dan kebiasaan?! Kalo gitu bener kata orang kalo nulis pun butuh adaptasi dan membiasakan diri. Ya kan?! Gw ga tw dah.. Balik ke masalah temen gw itu, seorang yang tulisannya gw anggep bisa ngomong tanpa harus congornya yang ngomong, sampe sekarang dia dan gw hanya bisa berkomunikasi dengan lancar ya via tulisan, via sms itu. Sepertinya memang dia hanya ingin memanggil gw hanya dalam tulisannya saja. Yeeeeaaaah, ahirnya ada korelasi juga antara tulisan gw ini ama judul yang gw buat! Senangnya, haha..

1 komentar:

Unknown mengatakan...

aku senang menulissss.......!!!!
Setuju deh ama yg ami bilang!!!
Ri juga suka ngerasa lebih bisa berkomunikasi dengan baik lewat tulisan ketimbang lisan...
Kyaknya ada fakstor psikologisnya juga deh, hahaha... sok tau gitu!!!