17 Oktober 2008

Harga Diriku Tak Sebatas Semangkok Mie Ayam!

Yap, ini judul minjem kata-kata dari temen gw yang bilang kalo harga dirinya ga sebates pada semangkok mie ayam. Jadi, waktu itu ada temen gw yang gw panggil dengan sebutan mbak, dan tiba-tiba dia manggil gw dengan sebutan aden. Padahal maksud gw manggil dia mbak karena gw merasa dia sangat dewasa, eh malah dia manggil gw dengan sebutan aden. Dan gw merasa nyaman banget dengan sebutan aden, karena akan memperkokoh posisi gw yang sering dipanggiol babu ga tau diri oleh temen-temen gw yang mw ngebales ngatain gw. Haha, sori menyori nih ga mempan tuh!

Sampe ahirnya gw minta dia (sebut aja Arissa, bukan nama sebenernya), ya gw minta Arissa untuk manggil gw dengan sebutan aden sekenceng-kencengnya di dalan gedung perkuliahan gw, dengan imbalan gw bakalan nraktir dia semangkok mie ayam. Gw girangnya bukan maen, tapi ga lama raut kecewa yang muncul di wajah gw ketika Arissa menolak memanggil ge sekenceng-kencengnya dengan sebutan aden. Dia bilang aku masih punya harga diri, harga diriku lebih mahal dari semangkok mie ayam. Hehe, Arissa lo tetep jadi mbak idolaku!

Balik ke topik utama kita, tentang harga diri, atau gengsi bahasa gampangnya. Ada banyak orang yang mempertahankan gengsi mereka terhadap suatu perkara. Sumpah, gw empet banget ngeliat orang yang gengsinya selangit. Beh, rasanya pengen ngejorokin tuh gengsi biar jatoh ke jurang sekalian. Tapi gw juga (kata orang-orang terdekat gw) memiliki gengsi yang ampe di atas langit. Yah, gw jadi binun! Emang sih gw ngerasa banget kalo gw punya gengsi yang naujubileh dah pokoknya. Tapi itu juga bukan pengennya gw. Gw pengen banget bisa ngalahin gengsi itu, mau gengsi ke orang lain ataupun gengsi terhadap diri gw sendiri. Tapi susah men, beneran dah!

Sebenernya gw juga ga tw kenapa gw bisa punya gengsi selangit. Yah, gw akan merasa puas banget kalo gengsi gw terpenuhi dan orang lain memaklumi kegengsian gw itu. Tapi kan kasian orang-orang itu! Maafkan diriku ya teman-teman. Hehe.. Hmmm, mungkin alesan orang bergengsi sama kaloi yak ma alesan gw. Tapi lumayan loh, sekarang gw udah bisa ngontrol gengsi gw itu walopun susah banget ngarantinain tuh sifat (Hehe, virus kali dikarantina, atou AFI kali yak?!).

Yah, untungnya gw memiliki orang-orang di sekitar gw yang memaklumi sifat jelek gw yang satu ini. Sedikit membela diri, gw juga bisa kok ngebuang gengsi gw jauh-jauh untuk menyatakian sayang ke orang yang berjasa dalamm hidup gw, walopun bakalan terdengar aneh. Gw juga sering ngalahin gengsi gw dan memenangkan gengsi orang lain yang berselisih gengsi ma gw. Secara beberapa tahun terakhir gw ditemani oleh orang-orang yang memiliki sifat koleris, sehingga gengsi menjadi ciri khas mereka. But, its ok selama ge bermood baik dan mereka juga ga keterlaluan amat. Jadi apakah dengan ini gw bisa dibilang ga punya sifat gengsian? Kalo lo semua berpikiran begitu, lo semua salah besar karena gw aja ngakuin kalo gw ampe sekarang masih aja gengsian. Hehe..

Kadang gw sirik aja sama orang yang bisa ngelola sifat gengsi mereka dan bisa memenangkan gengsi orang lain disetiap waktu dan kepada siapapun. Adalah temen gw yang kaya gitu, tapi kok gw ga bisa nirunya yak?! Tanya kenapa. Yah, gw cuma pengen bilang, seburuk-buruknya sifat lo (gengsi lo) kalo lo bisa ngelolanya dengan baik, kalo lo bisa ngerubahnya jadi kelebiohan lo itu akan ngebawa efek yang luar biasa.

Hmmm, jadi terngiang kata-kata sahabat gw yang dia tulis di buku pribadi gw (Bang, gw kangen!), dan dia bilang kalo setiap orang diciptakan oleh Allah dengan berbagai macam sifat, dan Allah pasti punya maksud tertentu kenapa kita diciptai dengan keunikannya sendiri-sendiri. Jadi, pinter-pinter deh ngelola semua sifat yang udah inheren di badan kita. Kalo sifat jelek lo yang notabenenya itu kekurangan lo, bisa diolah dan diubah jadi kelebihan lo, kenapa ga kita lakuin?!

Yah, semangat aja deh dalam mengelola gengsi dan sifat-sifat kita yang lainnya. Semoga semuanya bisa ngebawa kita menjadi personal yang lebih baik dan bisa membawa perubahan tentunya ke lingkungan kita. Bersemangaaat… Eh, by the way, emangnya harga diri ma gengsi sama apah?! Gw ga tw loh sebenernya, jadi kalo mw ada yang protes atu ngasih masukan dan perbaikan, silakan atuh! Ditunggu..

2 komentar:

dee mengatakan...

mi.. ni loe mi?
ami bangor?

Unknown mengatakan...

kayaqnya beda deh mi, harga diri ma gengsi....!!!!
itu menurut ri c..