7 Agustus 2011

Sawarna, finally!

Ihaiii, S.A.W.A.R.N.A!!!!!! :)
9-10 Juli 2011
***

Berbeda dengan cerita perjalanan liburan saya sebelumnya, kali ini saya hanya akan membagikan tips dan trik berlibur kesana, enjoy it!

Siluet gueee, keren ah!
Butuh perjalanan sekitar 7-8 jam dari Depok/Jakarta untuk menuju Pantai Sawarna, 2 jam dari Pelabuhan Ratu. Mengingat jalur yang selalu macet, maka sebaiknya memang memilih untuk berangkat pagi-pagi buta dan sampai tujuan pas waktu makan siang atau Anda bisa pergi aga siangan dan sampai pas waktunya Tahajud, karena dipastikan akan terkena macet menunggu si Komo lewat.

Jalannya tidak begitu bersahabat, cukup membuat perut mual, pala pusing yang disertai dengan kelabilan mood, apalagi bagi Anda yang duduk di belakang. Disarankan untuk tidak menggunakan city car berpenumpang full atau penumpang mobil tersebut akan terpaksa turun dan jalan mendaki jalanan terjal sementara Anda akan menyetir dengan kekuatan penuh, keringat bercucuran serta emosi yang berantakan.

Ternyata Sawarna panas banget jendral. Buat yang biasa idup di kutub, bawalah perlengkapan anti kepanasan Anda. Kipas angin, kacamata hitam, dan sunblock pastinya. Gak usah bawa topi, Anda akan dipinjamkan topi petani yang sungguh amat unik dan pas untuk aksesoris pada foto Anda. Pastikan membawa kamera, karena pemandangannya sangat cocok untuk diabadikan pada kamera Anda, walau Anda sama sekali tidak berbakat dalam hal fotografi.

Pilihlah homestay yang terakreditasi A, alias aman, nyaman, masakan host yang enak, dan murah. Alhamdulillahh, kemarin saya mendapatkan homestay yang terakreditasi A dengan bantuan Uti, just follow her @utinilamsari. You can feel free to ask about that. Kalau bisa, gunakanlah momen traktiran kerabat terdekat Anda untuk biaya penginapan karena akan sangat membantu keuangan Anda. Jangan lupa, jaga barang berharga Anda dengan mengunci kamar atau homestay Anda. Bagaimanapun juga, banyak orang yang hilir mudik disana.

Sewalah jasa guide untuk berkeliling disana. Pilihlah guide yang tau jalan disana supaya Anda tidak nyasar. Selain itu, kemampuan berkomunikasi dan tampang juga amat diperlukan, siapa tahu Anda ingin berfoto dengannya di dalam gua. Jangan pilih yang menggunakan high heels atau anggota MLM tertentu. Kalau bisa, gunakanlah jasa guide yang direkomendasikan host homestay Anda. Untuk dua hari perjalanan keliling Sawarna, satu grup hanya membayar Rp100.000,-. Dengan jasa guide, Anda akan mengunjungi seluruh spot yang tersedia disana.

Gunakanlah sendal teplek atau bahkan sendal gunung untuk berjalan-jalan. Anda akan melewati bukit-bukit, jalan raya, persawahan, jembatan gantung, pasir pantai, padang lumut kuning, hingga karang bebatuan yang tajam. Hati-hati melangkah atau Anda bisa saka menginjak hewan air disana. Bawalah persediaan makanan dan minuman yang memadai. Janganlah membawa makanan dan minuman jika sedang bulan Ramadhan karena puasa Anda bisa batal.

Gunakanlah warna baju yang mencolok agar terlihat kontras pada foto Anda. Jangan tanggalkan baju Anda di sembarang tempat, apalagi Anda berperut tidak sedap dipandang. Janganlah pula mandi terlalu lama karena akan membuat teman Anda menunggu dengan kesal akibat pasir yang membuat pantat gatal.

Janganlah menggunakan makeup yang berlebihan. Jangan pula terlalu napsu ngeliat bule-bule berjemur. Bawalah diri Anda sesederhana mungkin. Janganlah Anda membawa pekerjaan, atau selama perjalanan Anda akan membolak-balikan kertas dan tidak bisa tertidur pulas. Dan gunakanlah kalimat, "Kami dokter dan mau ke RSUD" jika ditanya orang yang tidak dikenal. Bawalah hardisk eksternal Anda, siapa tahu Anda ingin meng-copy film Korea terbaru.

Pulanglah dari sana jangan terlalu sore, kemacetan masih mengintai Anda. Tidak usah membawa pasir pantai atau air laut karena akan memenuhi bagasi Anda. Jika Anda penakut, janganlah coba-coba naik motor melintasi jembatan gantung, apalagi membawa kamera, sesungguhnya itu akan membuat air mata Anda keluar beraturan disertai dengan muka yang tiba-tiba pucat pasi seperti nasi kemaren sore. #eh

Terakhir, janganlah lupa sholat lima waktu sebagai ungkapan syukur Anda. Bawalah bekal makanan yang banyak jika membawa teman yang berat badannya mendekati 90kg atau dia akan marah-marah sepanjang perjalanan. Bayarlah uang patungan Anda sesuai dengan perhitungan, jangan mencoba-coba untuk tidak membayar atau Anda akan dikucilkan serta dijodohkan dengan sapi-sapi yang sedang berlibido tinggi karena musim kawin telah tiba.

NOTE: Tidak semua yang dibaca adalah benar. Gunakan intuisi Anda dalam menentukan tips ynag berharga. Terima kasih, selamatt berlibur.

Spesial thanks, Indri, Uti, Teteh, Inggit, Mamang, dan Abang. Love yaa!!


Our full team! *Sunrise at Sawarna*
More photos at fachmyfajri.tumblr.com
Photos by Galih dan Indri

6 komentar:

hari mengatakan...

Hahaha tulisan ini lw banget.kocak tapi tetep informatif.like it bro

Unknown mengatakan...

sandal teplek tuh yang kayak gimana, Mi?

Anonim mengatakan...

hahahahahaiiii... sumpah kocak mi kalo lo yang nulis :)like it :)

sewa mobil mengatakan...

Makasih informasinya.

Anonim mengatakan...

geblek!

Anonim mengatakan...

(y)